8b_Rangkuman Berpikir Komputasional




 Salam Sobat Amira Alvianita


•> Fungsi 

    Dalam pelajaran matematika, kalian dapat menemukan contoh fungsi, misalnya f (x)= 2 x + 3. Dalam kehidupan sehari-hari kalian dapat melihat contoh penggunaan fungsi pada penulisan teks lagu.

    Dengan adanya "fungsi" kita dapat menginput perintah cukup dengan sekali saja tanpa harus mengulang-ulangnya lagi. Pada contoh matematika kita cukup menuliskan fungsi f ( x ) = 2x + 3, di mana berarti kedepannya setiap huruf x dapat diganti dengan angka beberapa pun tanpa harus berubah rumus dasarnya yaitu 2x ditambah 3. Pada contoh penulisan teks lagu bait Refrain yang terdiri atas beberapa kalimat tidak perlu diulang-ulang penulisannya ketika terdapat kata "Refren" pada teks lagu pembacaan memahami bahwa dia perlu mengulang sebagian tertentu dari teks lagu tersebut.

   Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari dapat direpresentasikan  dalam bentuk himpunan.Misalnya adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu sedangkan kakak suka rambutan, mangga, duku dan buah naga.Lalu ada pertanyaan gua apa sajakah yang disukai adik dan kakak? Tentu tentu kita bisa menggunakan himpunan dalam menyelesaikannya.

  Kita bisa buat adik sama dengan= { jeruk, mangga, jambu}. Kakak = {rambutan,  mangga, duku, buah naga }. Lalu kita tinggal cari irisannya ( yang sama saja ) maka jawabannya adalah mangga.


•> Sistem Bilangan

     Dalam bidang komputer, terdapat 4 buah sistem bilangan yang umum digunakan yaitu sistem bilangan:

      • biner  (bilangan berbasis 2)

      •oktal  (bilangan berbasis 8)

      •desimal (bilangan berbasis 10)

      • heksadesimal (bilangan berbasis 16)

    Maksudnya Berbasis artinya adalah basis pangkat sekian jadi tentunya kita bisa mengubah bilangan 1 ke bilangan lainnya.

MENGUBAH BILANGAN DESIMAL MENJADI BILANGAN BINER.

   Cara untuk mengubah bilangan desimal menjadi biner dengan cara membagi dua dan menuliskan sisa hasil baginya, pasti hanya antara 1 dan 0 hasil baginya. Terus hasil tersebut dibagi dua lagi terus-menerus sampai habis tidak bisa dibagi lagi hasil pembagiannya.

•> Algoritma

    Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Jadi apapun itu di dunia,yang merupakan langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah bisa disebut dengan algoritma.

Contohnya cara memakai dasi cara menanak nasi cara menghindari omelan ibu ketika mendapat nilai kurang bagus, eh XD.

•>Struktur data

    Kalian pasti pernah melihat satu atau lebih tumpukan, misalnya tumpukan buku, tumpukan pakaian tumpukan piring, dll. Ternyata, konsep dari tumpukan tersebut juga sering digunakan dalam komputer biasanya disebut steck. Salah satu pemanfaatannya dalam bidang komputer adalah untuk melakukan perhitungan operasi matematika. 

Demikian tulisan saya salam sobat tentang rangkuman berpikir Komputasional , untuk lebih lengkapnya dapat di  lihat di link Klik disini

   Semoga bermanfaat salam sobat.terima kasih


Komentar

Postingan populer dari blog ini

8b_Menjawab Pertanyaan Tentang Analisis Data BAB 6

8b_Rangkuman Sistem Komputer